Category Archives: 5. HIMATIKA

BIMTEST HIMATIKA 2019

1561900366641

Salah satu jalur penerimaan mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru). Para calon peserta SPMB berbondong-bondong mencari informasi mengenai SPMB itu sendiri, termasuk mempelajari soal-soal SPMB tahun lalu beserta prediksi tahun ini.

Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) telah menyelenggarakan program Bimbingan Tes HIMATIKA 2019 selama tiga hari berturut-turut. Dengan tema “Stop Wishing Start Doing“, diharapkan program ini dapat mencapai tujuannya, yaitu membantu dan melancarakan para calon peserta dalam mengerjakan soal-soal SPMB. Pemateri atau tutor berasal dari mahasiswa UIN yang berkompeten dibidangnya.

Lokasi hari pertama di Thater lantai 4 FST. Rangkaian acara demi acara telah terlaksanakan dengan baik dan sesuai rencana. Mulai dari pembukaan oleh MC, tilawah dan sari tilawah, menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjut dengan sambutan dari ketua pelaksana, Yulia Amandari. Lalu sambutan serta pembukaan acara BIMTES HIMATIKA 2019 oleh ketua HIMATIKA, Maftuh Mashuri. Barulah masuk ke acara inti, yaitu pembelajaran soal-soal SPMB. Dimulai dengan pelajaran Bahasa Inggris, TPA, Bahasa Indonesia, PAI, dan Sosiologi. Kemudian semua peserta diperbolehkan pulang.

Hari kedua, rangkaian acara hanya berisi pembelajaran-pembelajaran saja. Mulai dari Kimia, Matematika Soshum, Fisika, Geografi, Biologi, Sejarah, Matematika Saintek, Ekonomi, dan Bahasa Arab. Lokasi pembelajaran untuk Soshum di Theater lantai 4 FST, dan untuk Saintek di kelas 5.010 dan 6.002 FST.

Hari terakhir difokuskan pada Try Out yang dilaksanakan di Theater lantai 2 FST. Try Out berlangsung selama kurang lebih empat setengah jam dengan diselingi 10 menit break tiap jedanya. Kemudian setelah ishoma, acara dilanjut dengan keliling kampus UIN untuk mengenalkan lingkungan UIN kepada peserta. Setelah keliling kampus, seluruh peserta diarahkan ke Theater kembali, acara dilanjut dengan hiburan, dan QnA oleh Intan Lucky Rahayu. Banyak peserta yang antusias untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar UIN, mulai dari beasiswa, gaya hidup di perkuliahan, mata kuliah, organisasi, dan sebagainya. Dan terakhir penutupan oleh MC serta foto bersama peserta dan panitia BIMTES HIMATIKA 2019.

1561900360056 1561900354289 1561900333514

Buka Puasa dan Tilawah Bersama Keluarga HIMATIKA

1563370961983

Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang dipenuhi dengan keberkahan dan dimuliakan oleh Allah SWT. Berbagai kebaikan dilipatgandakan pahalanya, termasuk dengan bersilaturahim kepada sesama.

Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah menyelenggarakan kegiatan Buka Puasa dan Tilawah Bersama (BUSATAMA), dengan tema “Kuatkan Iman dan Takwa untuk Meraih Keberkahan di Bulan yang Suci”.

BUSATAMA juga merupakan kegiatan rutin tahunan keluarga HIMATIKA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di setiap Bulan Ramadhan. Pada tahun ini, BUSATAMA diselenggarakan di hari Jumat tanggal 10 Mei 2019 dan berlokasi di Aula SC UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

“Menurut saya, Alhamdulillah kemarin acara BUSATAMA berlangsung lancar dengan persiapan yang minim waktunya. Tempatnya juga dapat di Aula SC, menjadikan kegiatan acaranya lebih nyaman, dan mempererat kebersamaannya. Makanan nya pun di apresiasi oleh alumni dan teman-teman lainnya, karena enak.” Ungkap Dina selaku ketua pelaksana BUSATAMA tahun ini.

Kegiatan ini dimulai dari pembukaan MC, pembacaan ayat suci Al Qur’an, sambutan-sambutan, tilawah bersama, kajian yang disampaikan oleh alumni. Kemudian dilanjut dengan acara inti yaitu berbuka bersama, lalu sholat maghrib berjamaah, dan diakhiri dengan sesi penutupan dan foto bersama.

Tujuan diselenggarakan acara ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk meningkatkan tali silaturahim antar anggota HIMATIKA, dan meningkatkan kondisi ruhiyah anggota HIMATIKA.

“Alhamdulillah menurut saya tercapai, silaturahimnya dapat, dan lebih mengeratkan ukhuwah dengan setiap angkatan dan alumni. Terutama dengan adanya sholat maghrib berjamaah, yang berbeda dari konsepan acara tahun lalu. Kajiannya cukup menarik dengan tema yang diusung tentang rezeki oleh alumni, sebagai pembicaranya menjadikan antusiasnya peserta yang hadir. Hanya saja partisipasi dosen yang kurang tahun ini, dan alumninya yang belum banyak bisa ikut karena ada agenda lain. Jadinya sangat disayangkan tidak bisa membersamai kebersamaannya. Walaupun ada berbagai kendala terkait teknisnya tapi menurut saya acara ini lebih baik dari tahun sebelumnya.” Lanjut Dina, menjelaskan bagaimana BUSATAMA tahun ini yang menurutnya sudah mencapai tujuan dari acara BUSATAMA itu sendiri.

SIAP SPMB 2016

Siap SPMB UIN 2016 merupakan Acara Bimtes yang bertujuan untuk mempersiapkan calon mahasiswa yang ingin mengikuti SPMB UIN 2016.
Proses pendaftaran dibuka sejak tanggal 19 April – 6 Juni 2016. Acara bimtes nya sendiri dilaksanakan pada tanggal 13 – 15 Juni 2016. Adapun acara ini bertempat di Gedung Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Gedung Akademik Pusat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hari pertama dan kedua di isi dengan bimbingan belajar dimana materi yang diberikan mengacu pada modul yang telah disusun oleh tim pembuat modul . Materi-materi yang diberikan antara lain, kimia ,biologi,fisika,matematika IPA dan IPS,ekonomi ,geografi,sejarah,sosiologi,b.arab,b.indonesia,b.inggris,pengetahuan agama dan TPA.

Pada hari ketiga sekaligus hari penutupan kegiatan bimtes diadakan farewell party. Acara bimtes kali ini berbeda dari bimtes tahun sebelumnya, acara ini bertepatan dengan bulan Ramadhan 1437 H. Di hari ke tiga, sekitar jam 17.00 WIB peserta dan beberapa panitia yang terlibat ,ngabuburit bersama mengelilingi kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Mulai dari mengenalkan gedung-gedung fakultas sampai mengabadikan moment dengan berfoto-foto di landscape UIN dan ketika adzan maghrib berkumandang, para peserta dan panitia berbuka puasa bersama di Lobby Fakultas Sains dan Teknologi.